Langsung ke konten utama

artikel analisis kualitas lingkungan



Tugas Mata Kuliah:
ANALISIS KUALITAS LINGKUNGAN

Oleh :

A NURWINDA RAMADANI
K2015 02074 (C3/KESMAS)

$T!KE$  M-W000.jpg

JURUSAN KESEHATAN MASYARAKAT
SEKOLAH TINGGI KESEHATAN MANDALA WALUYA KENDARI
2016


Cara Mengatasi Permasalahan Lingkungan Hidup

Tujuan pembuatan artikel ini agar kita sebagai makhuk hidup bisa memiliki rasa perduli terhadap lingkungan hidup. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menjaga lingkungan kita. Seperti dengan hidup keteknikan, kita juga bisa menjaga dengan baik lingkungan hidup kita.
Permasalahan yang sangat sering terjadi di lingkungan hidup ini adalah salah satunya pencemaran. Pencemaran berarti berubahnya komposisi air atau udara oleh kegiatan manusia dan proses alam, sehingga kualitas air atau udara menjadi kurang atau tidak dapat berfungsi lagi sesuai dengan fungsinya.
Pencemaran itu terbagi atas 3, ada pencemaran air, pencemaran udara dan pencemaran tanah. Pencemaran air akan kita bahas untuk pertama kali, pencemaran air dapat  menimbulkan banyak masalah seperti menimbulkan banjir, erosi, kekurangan sumber air, mengakibatkan longsor dan lainnya. Kita dapat menggunakan ilmu keteknikan agar dapat mengatasi masalah pencemaran air ini, seperti membuat bendungan. Itu dapat membantu kita agar terhindar dari banjir dan kekurangan air serta meminimkan bencana longsor yang akan terjadi.
Pencemaran udara juga dapat mengakibatkan kerusakan yang merugikan bagi kita. Pencemaran udara bisa diakibatkan oleh manusia dan juga proses alamiah. Seperti polusi udara dapat membuat dampak yang paling sering terjadi. Pencemaran udara juga bisa membuat mempengaruhi kualitas air permukaan. Dengan ilmu keteknikan kita bisa mengatasi polusi udara dengan membuat kendaraan yang ramah lingkungan. Bahkan dengan cara  ini, polusi udara akan sangat sedikit mempengaruhi pencemaran udara.
Pencemaran yang terakhir adalah pencemaran tanah. Pencemaran ini biasanya terjadi karena kebocoran limbah, bahan kimia industri dan penggunaan pestisida. Masuknya air permukaan tanah tercemar ke dalam lapisan sub-permukaan. Banyak juga cara keteknikan agar dapat mengatasinya, dengan cara memberi pupuk atau obat yang baik agar ketika memasukkan zat kimia kedalam tanah tidak berdampak sangat buruk.
Dan adapun cara yang lain untuk mengatasi berbagai permasalahan lingkungan hidup sebagai berikut :
1.Menerapkan penggunaan teknologi yang ramah lingkungan pada pengelolaan sumber daya alam baik yang dapat maupun yang tidak dapat diperbaharui dengan memperhatikan daya dukung dan daya tampungnya.
2.Untuk menghindari terjadinya pencemaran lingkungan dan kerusakan sumber daya alam maka diperlukan penegakan hukum secara adil dan konsisten.
3.Memberikan kewenangan dan tanggung jawab secara bertahap terhadap pengelolaan sumber daya alam dan lingkungan hidup.
4.Pengelolaan sumber daya alam dan lingkungan hidup secara bertahap dapat dilakukan dengan cara membudayakan masyarakat dan kekuatan ekonomi.
5.Untuk mengetahui keberhasilan dari pengelolaan sumber daya alam dan lingkungan hidup dengan penggunaan indicator harus diterapkan secara efektif.
6.Penetapan konservasi yang baru dengan memelihara keragaman konservasi yang sudah ada sebelumnya.
7.Mengikut sertakan masyarakat dalam rangka menanggulangi permasalahan lingkungan global.
          Dari contoh contoh diatas, kita dapat mengetahui bahwa ilmu keteknikan sangat bermanfaat untuk mengatasi masalah lingkungan hidup. Salah satunya dari teknik lingkungan,teknik sipil,teknik industri, teknik mesin dan lainnya sangat memiliki cara yang baik untuk mengatasi lingkungan hidup kita.
          Kembali lagi dari diri kita, hanya kitalah sebagai manusia yang dapat memperbaiki semua masalah yang telah terjadi kepada lingkungan kita. Jangan pernah kita berhenti menciptakan apa yang bermanfaat buat kehidupan kita kedepannya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Langit

Ketika hidup sudah ada yang mengatur kenapa kita harus capek-capek ngatur lagi? Toh kita cuma hidup sementara gaes.

MAKALAH TENTANG FAKTOR KEBISINGAN BESERTA CONTOH KASUS

MAKALAH TENTANG FAKTOR KEBISINGAN BESERTA CONTOH KASUS   Disusun Oleh : Kelompok 1 1.      A Nurwinda Ramadani (K201502074) 2.      Fira Vergina Umma (K201502067) 3.      Novi Andriani (K201502024) 4.      Mariadin (K201502017) Disusun untuk Memenuhi tugas Hyperkes Semester VI Pengampu : Abdul Rahim Sya’ban,. SKM,. M. sec SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN MANDALA WALUYA PROGRAM STUDI KESEHATAN MASYARAKAT KOTA KENDARI TA: 2017/2018 KATA PENGANTAR Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas segala rahmatNYA sehingga makalah ini dapat tersusun hingga selesai . Tidak lupa kami juga mengucapkan banyak terimakasih atas bantuan dari pihak yang telah berkontribusi dengan memberikan sumbangan baik materi maupun pikirannya.             Dan harapan kami semoga makalah ini dapat menambah pengetahuan dan pengalaman bagi para pembaca, Untuk ke depannya dapat memperbaiki bentuk maupun menambah isi makalah agar menjadi lebih baik lagi. Karena ke